Arsip Berita



P3tek KEBTKE Melakukan (Road Test) Uji Jalan Sepeda Motor Listrik

Uji Jalan (Road Test) Kendaraan Motor Listrik sejauh 10.000 km mulai dilakukan oleh P3tek KEBTKE sejak Senin, 18 Oktober 2021 selama 60 hari.

Road Test Motor Listrik ini merupakan kegiatan kajian yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. 

Metode yang dilakukan selama melaksanakan Road Test Motor Listrik adalah pengumpulan data primer dan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data primer akan didapatkan dari Road Test dan pengukuran konsumsi listrik selama pengisian baterei. Dibutuhkan 8 pengendara dan 4 penumpan selama melakukan Road Test Motor Listrik. 

Saat ini, baterei yang berkembang dipasaran untuk electric vehicle adalah jenis lithium. Beberapa jenis baterei lithium diantaranya adalah baterai lithium NCA (Nickel Cobalt Aluminum Oxide), lithium NMC (Nickel Manganese Cobalt Oxide) dan lithium LIP (Lithium Iron Phosphate).

Dari ke tiga jenis baterei lithium tersebut, jenis NCA memiliki kapasitas terbesar tetapi berbanding lurus dengan dimensinya sehingga pada pengujian Road Test ini digunakan baterei lihium NMC dan LFP karena menyesuaikan dengan dimensi pada sepeda motor listrik.

Copyright © 2020 Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
JL.Pendidikan No.1, Pengasinan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340
Telp. +62 (021) 80634050 - 51 Fax. +62 (021) 80634058 - 59