Arsip Berita



Biodiesel menjadi tonggak kemandirian energi Indonesia.

Penggunaan B30 sejak implementasinya pada 1 Januari 2020 telah mengukuhkan bangsa Indonesia menempati posisi terdepan dalam penggunaan biodiesel. Kebijakan ini terbilang sukses karena sampai saat ini belum ditemukan adanya keluhan yang berarti di lapangan, disamping penggunaan biodiesel memberikan dampak positif yaitu mengurangi impor dan ramah lingkungan, yaitu menurunkan emisi gas rumah kaca. 


Buku “Biodiesel, Jejak Panjang Sebuah Perjuangan” yang dilaunching pada Kamis, 29 April 2021, memberikan gambaran mengenai kisah perjalanan biodiesel di Indonesia mulai dari awal dirintis hingga persiapan menuju keberhasilan implementasi. Sebelum diimplementasikan, telah dilakukan riset biodiesel yang cukup panjang mulai dari laboratorium hingga uji jalan. Diawali dengan riset proses produksi biodiesel oleh beberapa lembaga riset dan perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan uji jalan dan aplikasi di lapangan untuk memastikan agar saat diimplementasikan tidak menimbulkan masalah.



Para narasumber di acara launching buku “Biodiesel, Jejang Panjang Sebuah Perjuangan”



Berbagai referensi dan hasil wawancara beberapa penggiat biodiesel yang mewakili kalangan akademisi, peneliti, pemerintah, maupun pengusaha dirangkum dan dirunut dari peristiwa ke peristiwa dalam bahasa yang lebih ringan.


Penyusunan buku ini, dilatarbelakangi keinginan untuk berbagi informasi terkait perjalanan riset biodiesel sehingga terimplementasikan seperti sekarang ini.  Informasi yang mungkin bisa menginspirasi generasi muda tentang semangat untuk maju dan berbuat lebih bagi bangsa Indonesia. “Pengembangan biofuel adalah kewajiban generasi saat ini untuk kelanjutan energi di masa depan” demikian disampaikan DR. -Ing Evita H Legowo – salah satu narasumber pada acara ini. Berdasarkan semangat tersebut Aprobi bekerjasama dengan P3tek KEBTKE menyusun buku ini.


Tim penyusun: Faridha, Khoiria Oktaviani, Zulkarnain, Dedi Suntoro, Ayuta Fauzia Ladiba, Hani Tiara Sasti, Tri Anggono, I Gusti Ngurah Agung Surya Pradipta Negara. 

Copyright © 2020 Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
JL.Pendidikan No.1, Pengasinan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340
Telp. +62 (021) 80634050 - 51 Fax. +62 (021) 80634058 - 59