Arsip Berita



PLTMH Sengkaling Resmi Diserahkan kepada Universitas Muhammadiyah Malang
Malang (Jum'at, 16/10), Kepala Balitbang ESDM, Dr Dadan Kusdiana dan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyaksikan penandatanganan Berita Acara Serah Terima dan Naskah Hibah Barang Milik Negara antara Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kepala Puslitbang KEBTKE dengan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr. H. Agus Taufiqurroman, M.Kes, Sp.S yaitu PLTMH Sengkaling I berkapasitas 125 kW dan beberapa aset energi lainnya.

Pembangkit Sengkaling I yang dibangun pada tahun 2007 masih beroperasi dengan baik untuk menyediakan listrik bagi kebutuhan beberapa gedung di UMM. Melalui kerjasama pengembangan PLTMH Sengkaling I ini tidak hanya telah mengantarkan UMM meraih penghargaan ASEAN Energy Awards dalam kompetisi Manajemem Proyek Energi Terbarukan tingkat ASEAN pada tahun 2008 tetapi juga telah meningkatkan kapasitas kemampuan perancangan dan teknik dosen dan mahasiswa UMM untuk mengembangkan PLTMH lain, yaitu PLTMH Sengkaling II berkapasitas 82 kW, PLTMH Sumbermaron berkapasitas 45 kW, dan PLTMH Boonpring berkapasitas 13 kW.

Selanjutnya setelah acara penandatangan serah terima aset tersebut, Kepala Balitbang ESDM berkesempatan memberikan kuliah umum dengan judul "Peran Generasi Milenial dalam Mendorong Pengembangan EBT di Indonesia" dan diakhiri dengan peninjauan instalasi PLTMH Sengkaling I.
Copyright © 2020 Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi
JL.Pendidikan No.1, Pengasinan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340
Telp. +62 (021) 80634050 - 51 Fax. +62 (021) 80634058 - 59